It’s About Skripsi [Selesai Bab 1] ~repost

mau cerita. 

Alhamdulillah setelah lewat bab 1 kemarin skripsi jadi lebih mudah. Yang awalnya masih tak bisa dibayangkan, setelah lewat seminar proposal bulan lalu jadi bisa dibayangkan. Memang benar, di Komunikasi bab 1 terkenal sangat-sangat lama. Sejak judul lalu masuk rapat proposal, lalu Bab 1 bisa berbulan-bulan sejak judul fix (belum termasuk ganti-ganti judul). Bab 1 selesai, lalu menunggu lagi untuk seminar proposal. Nah, seminar proposal ini seperti final bab 1, namun biasanya tetap akan ada revisi. Kabar simpang siurnya, motivasi dari dosen juga, kalau sudah lewat bab 1 lancar sudah bab-bab selanjutnya. Aamiin.

Yang awalnya masih tak bisa dibayangkan, setelah lewat seminar proposal jadi bisa dibayangkan.

Bener! jadi, intinya skripsi itu kalau sudah bisa dibayangkan sampai akhir, bisa dikerjakan. Intinya, ada tujuan yang bisa dikejar. Ada hasil akhir yang ingin diraih. Kebayang kan kalau tujuan belum ada, ya di bab 1 itulah proses pencarian tujuan. Skripsiku tentang wanita salafi yang mengakses media. So simple! hehe… Seru juga dan lumayan menikmati tema ini. Proses meraih judul ini yang tak mudah, tapi jadi dirasa mudah sekarang. Alhamdulillaah.

Lama sekali? 

Saya juga suka pertanyaan ini. Pertanyaan yang terkadang memotivasi sekali. Pertanyaan yang selalu timbul dalam hati, hehe. Namun jika ada orang yang berkomentar seperti itu, tidak juga berkecil hati, tidaklah mengapa. Mengapa? Tak apa. Biarlah orang-orang berkomentar apa, tentu kita yang menjalani dan tau mengapa kita menjadi seperti yang saat ini kita pilih. Setiap orang, punya alasan. Kita tidak pernah akan tau sampai kita bertanya, bukan? Apakah bisa kita hanya berandai-andai? Tak kan pernah tau sampai kita butuh untuk ingin tahu. Dan mungkin saja, sesuatu yang terlihat tidak baik, sejatinya baik. Dan sesuatu yang terlihat baik, sejatinya tak baik. Maka, dengan bertanya akan membuka semuanya. Bahkan dari satu pertanyaan, muncullah penelitian, yang akhirnya jadi sebuah karya skripsi tebal. Tetapi terkadang, tidak semua orang ingin mengetahui, sehingga tidak semua orang akan bertanya tentang alasan-alasan yang kita pilih. Bagi orang-orang, tiada guna proses yang kita jalani, padahal itulah yang terpenting bagi tiap individu. Siapapun mereka. Maka, tips juga, kalau mau mendekati orang / masyarakat, atau ingin kenal dekat, tanyalah proses-proses hidupnya, karena itu lebih dekat kepada dirinya, dan akan lebih cenderung suka untuk bercerita.

Jadi, tidak akan ada yang peduli tentang skripsi kita hehehe, namun di luar sana akan banyak yang peduli tentang waktu kelulusan kita. Cambuk pribadi 🙂 Akan kau ke manakan lagi saudara-saudara yang bertanya, “sudah lulus?”. Wah tidak siap lagi ah jawab belum, maunya jawab sudah saja 🙂 

2 Mar 2014

Iklan

One thought on “It’s About Skripsi [Selesai Bab 1] ~repost

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s